Kita perlu bersyukur karena wilayah kita dilimpahi berbagai macam buah tropis. Buah-buahan tersebut sarat komponen gizi dan non gizi yang sangat di butuhkan mengoptimalkan kesehatan tubuh. Salah satu jenis buah tropis yang sangat popular karena aroma yang tajam serta rasanya yang manis keasaman adalah sirsak.

Rasanya yang manis keasaman itu memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya. Bagi yang senang sarapan dengan roti, buah sirsak juga sering di tambahkan dalam bentuk selai. Selain menawarkan rasa yang nikmat buah sirsak juga menawarkan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang khasiat dan mafaat buah sirsak, dan daun sirsak termasuk juga bunganya. Silahkan baca artikel berikut ini : manfaat buah sirsak

Kata sirsak berasal dari bahasa belanda, yaitu zuurzak. Kata zuur berarti asam, zak berarti kantong. Jadi, secara harfiah di artikan sebagai kantong yang rasanya asam. Di Malaysia, sirsak disebut durian belanda (dutch durian).

Sebutan lain untuk sirsak adalah corossol/cachiman epincux (perancis), saucrapfel (jerman), guanabana/ zapote agrio (spanyol) dalam bahas inggris, buah sirsak dikenal dengan istilah  soursop karena rasanya yang manis keasaman.

Kandungan Dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Buah sirsak memang banyak mengandung zat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Apa saja kandungan dan manfaat buah sirsak bagi kesehatan? Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Kandungan zat gizi dan serat pangan buah sirsak per 100 gram bagian, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat.

Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Buah sirsak mengandung lemak sangat sedikit (0,3 gr/ 100 gr) sehingga buah sirsak bermanfaat untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik nonvolatile, terutama asam nitrat, asam malat, dan asam isositrat.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat di penuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksi dan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan dini (tetap awet muda).

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 gr. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak  pada kadar sodium  (natrium) yang rendah (14 mg per 100 gr), tetapi tinggi potassium (kalium), yaitu 278 mg per 100 gr. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Nah, itulah manfaat buah sirsak dan daunnya. Kandungan yang terdapat pada sirsak yang sangat baik untuk kesehatan kita. Diartikel lain kami juga membahas tentang khasiat dan manfaatbuah sirsak + resep pengobatan dengan memanfaatkan sirsak baik itu buah, daun ataupun bunganya.Ok. Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat. Amiin!!!!!!!

 
Top