Diartikel sebelumnya kami sudah membahas tentang manfaat buah mengkudu. Dan sekarang kami akan memberikan sedikit informasi tentang cara menghilangkan bau busuk pada buah mengkudu masak.

Pada buah mengkudu yang sudah masak, memang mengeluarkan bau yang tidak enak. Namun dibalik bau yang busuk tersebut terdapat banyak kandungan senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Pabrik penghasil jus buah mengkudu menghilangkan bau busuk dengan beberapa cara yang sederhana, yaitu mencampukan secara rata gula merah atau madu ke dalam larutan jus, dengan menempatkan di dalam botol atau gelas, dan menyimpannya antara 2-4 hari, sehingga terjadi proses fermentasi. 

Selama fermentasi komponen asam penhasil bau akan terurai, sehingga baunnya menjadi hilang. Dipabrik yang sudah maju, bau buah mengkudu masak dihilangkan secara fisika, kimia, dan biologis.

Ada pabrik jus buah mengkudu yang menggunakan buah mengkudu tua namun belum berwarna kuning kecolatan tetapi baru kuning muda. Ketika dikupas bau busuknya tidak tercium. Ternyata konsumen mengeluh karena jus tersebut tidak memiliki khasiat seperti semestinya. 

Ini terkait dengan faktor penentunya, bahwa kehadiran asam penghasil bau tersebut erat kaitanya dengan kehadiran senyawa yang berkhasiat didalamnya. Kalau asam penyebab bau tidak ada, maka senyawa berkhasiat besar kemungkinan tidak ada.

Itulah cara menghilangkan bau busuk secara tradisional pada buah mengkudu yang sudah masak atau tua. Nah, sekarang anda sudah bisa membuat jus buah mengkudu tanpa mengeluarkan bau yang tidak enak.
 
Top