Tanaman dataran rendah ini ditanam sebagai pohon buah, tingginya bisa mencapai sekitar 15-25 m dan memiliki banyak cabang. Bunganya yang bewarna hijau muda, tersusun pada tandan di ujung ranting dan berbau harum. Bentuk buah rambutan berbentuk lonjong, dengan rambut bengkok menempel. Kulit buah bewarna hijau, dan menjadi kuning atau merah apabila buah sudah masak. Sementara biji berbentuk elips, terbungkus buah bewarna putih, banyak mengandung air dan dapat di makan. Rasa buah pun bervariasi dari asam hingga manis.

Nah, itu adalah ciri dari buah rambutan, dan tahukah anda apa saja manfaat buah rambutan? Yaa, buah rambutan memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat obat yang tak ternilai harganya. 

Baca juga : Khasiat Buah Sirsak
 
Menurut kajian pakar tanaman obat, buah rambutan memuat besi, kalium sampai vitamin C. Dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah rambutan terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin). Kadar serta rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter buah seperti ini cocok di kosumsi orang-orang yang sedang berdiet menurunkan berat badan atau menjaga berat badan.

Bagian tumbuhan ini yang dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai obat adalah kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam, kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut, sedangkan akar rambutan digunakan untuk mengatasi demam, dan bijinya digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes meletus).

Buah rambutan pada tanamantropis ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Kandungan tannin dan saponin terdapat pada bagian kulit buah dan daun. Sementara bijinya mengandung lemak dan polifnol. Kulit batang mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.

Khasiat Buah Rambutan, Kulit Dan Bijinya

Rambutan yang memerlukan iklim lembab untuk tumbuh ini, memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kulit buah dari tanaman ini dapat di gunakan sebagai penurun panas dan obat disentri. Daunnya dapat menyembuhkan diare dan menghitamkan rambut. Sedangkan biji buah berkhasiat menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik).

Resep Pengobatan Menggunakan Buah Rambutan, Biji Dan Kulitnya


Tuhan itu sudah mempersiapkan dan memberikan yang terbaik untuk kita sebagai manusia, diantaranya adalah menciptakan berbagai buah-buahan yang enak, dan manis. Namun, tidak itu saja, buah-buahan tersebut diberi kelebihan, yaitu bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai obat. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah rambutan dan resep pengobatan menggunakan tumbuhan rambutan :
  1. Disentri

    Kulit buah rambutan (10 buah ) di cuci, lalu dipotong –potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya di rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, saring dan minum 2 kali sehari, masing-masing tiga per empat gelas .

  2. Demam

    Kulit rambutan yang sudah dikeringkan (15 gr) lalu di cuci. Kemudian ditambah air besih 3 gelas, lalu di rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian .

  3. Perawatan Rambut

    Daun rambutan secukupnya di cuci, lalu di tumbuk sampai halus. Sedikit air ditambahkan, sambil diaduk rata sampai menjai adonan seperti bubur. Lalu, diperas dan disaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul di gunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

  4. Sariawan

    Kulit kayu rambutan (3 rua jari) dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Kemudian dipakai untuk berkumur selagi hangat.

  5. Kencing manis

    Biji buah rambutan juga dapat dimanfaatkan. Biji rambutan tidak beracun dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi. Biji rambutan juga mengandung lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurukan kadar gula dalam darah), sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis.

    Caranya adalah sediakan 5 biji rambutan lalu gongseng dan giling sampai menjadi bubuk. Masukkan seluruh bubuk ke dalam cangkir, seduh dengan air panas. Setelah dingin, minum bagian air yang bening sekaligus buang ampas atau endapannya. Lakukan sebelum makam sebanyak 1-3 kali sehari, tergantung seberapa tinggi kadar gula saat melakukan terapi ini. Konsumsi tiap hari jika perlu.
Itulah manfaat buah rambutan, biji dan daun sebagai pengobatan. Bagaimana dengan anda, sudahkah anda gunakan tumbuhan rambutan sebagai solusi pengobatan? Ok. Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.
 
Top