Srikaya termasuk pohon buah-buahan kecil yang tumbuh di tanah berbatu, kering, dan terkena cahaya matahari langsung. Tumbuhan yang asalnya dari hindia barat ini akan berbuah setelah berumur 3-5 tahun. Srikaya sering di tanam dipekarangan, dibudidayakan, atau tumbuh liar, dan bisa ditemukan sampai ketinggian 800 m dpi. Perdu atau pohon kecil ini mempunyai tinggi 2-5 m, kulit pohon tipis bewarna keabu-abuan, getah kulitnya beracun. Daun bertangkai, kaku, letaknya berseling.

Helaian daun berbentuk lonjong sampai jorong menyempit, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 6-17 cm,lebar 2,5 -7,5 cm, permukaan daunnya hijau, bagian bawah hijau kebiruan, sedikit berambut dan gundul. Bunga 2-4 kuntum (berhadapan), keluar dan ujung tangkai atau ketiak daun, warnanya hijau kuning.

Ternyata buah srikaya ini mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, disini kami akan membahas lebih lengkap tentang kandungan buah srikaya, manfaat dan khasiat buah srikaya bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Yang Terdapat Pada Tumbuhan Srikaya


Akar dan kulit kayu mengandung flavonoida, berneol, camphor, terpene, dan alkaloid anonain. Di samping itu, akarnya juga mengandung saponin,tannin, dan polifenol. Biji mengandung minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan. Buah mengandung asam amino,gula buah, dan mucilage. Buah muda mengandung tannin. Dengan begitu banyaknya kandungan zat yang terdapat pada tumbuhan ini, jadi tidak heran srikaya memiliki banyak khasiat dan bisa dijadikan sebagai resep pengobatan.

Khasiat Srikaya


Akar rasanya pahit, sifatnya dingin.berkhasiat antiradang, antidepresi. Daun rasanya pahit, kelat, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat astrigen, antiradang, peluruh cacing usus (antiheimintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses.

Biji berkhasiat memacu enzim pencernaan,abortivum,anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayu berkhasiat astrigen dan tonikum. Buah muda dan biji berkhasiat  antiparasit.

Manfaat Buah Srikaya Sebagai Resep Pengobatan


Tidak hanya enak untuk dimakan, buah srikaya juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Yaa, memang setiap buah mempunyai khasiat dan manfaat. Bagian tanaman srikaya yang dapat digunakan sebagai obat, yaitu daun, akar, buah, kulit kayu, dan bijinya.  Berikut ini manfaat tumbuhan srikaya yang bisa dijadikan sebagai pengobatan.

Daun Srikaya :
  • Batuk, demam
  • Reumatik
  • Menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi
  • Diare
  • Disentri
  • Rectal prolaps pada anak-anak
  • Cacingan, kutu kepala
  • Pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, scabies, kudis, dan eczema
Biji Srikaya :
  • Pencernaan lemah
  • Cacingan
  • Mematikan kutu kepala dan serngga
Buah Srikaya :
  • Diare, disentri akut
  • Gangguan pencernaan (atonik dispepsia)
Akar Srikaya :
  • Sembelit
  • Disenrti akut
  • Depresi mental
  • Nyeri tulang punggung
Kulit Srikaya :
  • Diare, disentri
  • Luka berdarah

Untuk pemakaian luar, rebus daun dan airnya, lalu digunakan untuk mencuci muka dan lorok. Selain itu, dapat juga di lakukan dengan menggiling biji menjadi bubuk, gunakan untuk membasmi kutu kepala, kutu anjing, dan serangga. Gunakan buah masak untuk mengobati bengkak karena memar dan abses. Contoh pemakaiannya

  1. Borok, bisul keras
    Cuci daun segar secukupnya,lalu di giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurao borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2-3 kali.

  2. Mematangkan bisul
    Ambil isi buah yang sudah masak , lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul,lalu balut dengan kain kasa.
     

  3. Tiba-tiba pingsang atau menenangkan penderita histeris
    Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus.dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar bunya terisap oleh penderita. 

  4. Mematikan kutu kepala
    Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah 3 jam , buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air msuk ke mata karna dapat menyebabkan iritasi dan meradang. 

  5. Cacingan pada anak
    Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas. 

  6. Gangguan pencernaan
    Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut. 

  7. Diare
    Cuci kulit batang srikaya (6-19 gr), potong kecil-kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring an minum dua kali sehari, masingmasing satu gelas. 

  8. Kudis
    Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

Nah. Itulah manfaat dan khasiat dari tumbuhan srikaya. Ok Terima kasih sudah membaca artikel ini. Harapan kami artikel ini bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.

Catatan :
* Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
* Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun.
* Hanya digunakan di bawah pengawasan herbalis berpengalaman.
 
Top