Setiap buah mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan, baik itu dijadikan sebagai obat ataupun untuk menambah stamina, diantaranya adalah buah mengkudu. Disini kami akan membahas tentang manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. 

Tahukah anda apa itu mengkudu? Buah mengkudu atau pohon mengkudu dikenal mulai dari kawasan aceh, menyebar ke Sumatra utara, riau, jambi, Palembang, lampung, Sumbawa, pulau jawa sebagian daerah lainnya. 

Buah mengkudu juga dikenal dengan sebutan nama cangkudu, wengkudu, pace, lengkudu, pamarai, kudu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah mengkudu umumnya disebut sebagai magic plant atau pain killer tree karena memiliki manfaat dan khasiat yang banyak untuk beberapa jenis penyakit.

Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu


Selain kulit akarnya yang digunakan sebagai pewarna untuk menyamak kain, daun muda/pucuk batang juga digunakan untuk sayuran dan obat. Terutama buah tuanya yang sudah masak digunakan sebagai bahan baku pembuat jus/sari buah, dengan manfaat sebagai obat yang mujarab.

Dari segi penelitian ilmiah, manfaat buah mengkudu bukan “placebo” atau bohong-bohongan. Serangkai penelitian yang dilakukan oleh banyak laboratoria dan lembaga penguruan tinggi terkenal di amerika serikat, membuktikan keampuhan komponen berkhasiat yang terdapat di dalam jus buah yang masak. 

Sejak awal tahun 1990-an, jus/sari buah mengkudu yang masak di manfaatkan untuk banyak jenis penyakit, diantaranya adalah darah tinggi, asam urat tinggi, amandel, rheumatic, diare dan sebagainya.
Beberapa jenis senyawa berkhasiat sebagai obat yang diketahui berada di dalam sari/jus buah mengkudu, antara lain antharaquinone (sebagai anti bakteri/atau anti jamur), terpenten (sebagai peremajan sel), dammacanthel (sebagai pencegah perkembangan sel kanker), xeroine, dan sebagainya sampai ke antioksidan (penetral radikal bebas).

Masalahnya bagi yang baru mengenal buah mengkudu masak adalah bau busuk yang keluar, itu semua disebabkan oleh buah mengkudu mengandung sejumlah asam antara lain asam askorbat, asam koproat, dan asam kaprik yang menghasilakan bau busuk. Namun, buah mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Kehadiran asam penghasil bau busuk erat kaitanya dengan kehadiran senyawa yang berkhasiat didalamnya. Kalau asam penyebab bau tidak ada, maka senyawa besar kemungkinan buah mengkudu tidak berkhasiat sama sekali. 

Nah itulah manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Diartikel lain kami membahas tentang khasiat buah mengkudu lebih banyak lagi dan cara menghilangkan bau busuk pada buah mengkudu masak. Silahkan baca artikel berikut ini :

 
Top