Pepaya (carica pepaya) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dn basah. Pepaya menyerupai palma, bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan.  Tinggi pohon pepaya dapat mencapai 8 sampai 10 meter dengan akar yang kuat. Helaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. 

Apabila daun pepaya tersebut dilipat menjadi dua bagian persis ditengah, akan tampak bahwa daun pepaya tersebut simetris. Rongga dalam daunnya dipotong melintang. Tanaman ini juga dibudidayakan di kebun-kebun luas karena buahnya yang segar dan bergizi. 

Mungkin anda sudah bertanya-tanya, jadi apasih manfaat buah pepaya? Nah, buah pepaya mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.  Selain itu buah pepaya juga digunakan untuk bahan rujak, minuman penyegar, agar-agar, selai, kue, dan buah beku.

Baca juga : Manfaat Buah Naga

Di jawa, bunga pepaya juga banyak dijadikan manisan dan daun mudahnya untuk lauk atau jamu. Karpaina, semacam alkaloid yang terkandung didalam pepaya dapat digunakan untuk mengurangi gangguan jantung. Obati anti-amuba, dan obat peluruh kencing.

Berbagai Manfaat Buah Pepaya Yang Belum Di Ketahui


Hanya sebagain kecil saja yang tahu manfaat dan khasiat buah pepaya. Buah pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, viamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Selain itu, pepaya kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E.

Buah pepaya juga mempunyai efek terapi yang sangat baik khususnya terapi kecantikan bagi wanita seperti melangsingkan tubuh, mengencangkan payudara, dan awet muda. Dan berikut ini beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh:
  1. Pelangsing tubuh
    Buah pepaya punya khasiat untuk menguruskan atau melangsingkan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging yang berlebihan. 
  2. Mengencangkan payudara
    Pepaya dipercaya oleh nenek moyang kita dari dahulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan keyal.
    Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang meransang pengeluaran hormon wanita dan meransang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormone tersebut kelenjar susu akan lancer dan bentuk payudara akan ideal.
  3. Awet muda
    Kadar vitamin C dalam buah pepaya dalah 48 kali lipatnya buah apel. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolism kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dari pori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya.
  4. Mengatasi kekurangan ASI
    Bahan :  Buah pepaya yang masih hijau (muda) tanpa dikuliti.
    Cara membuat : Buah pepaya tersebut di belah menjadi 2 bagian, sebagian direbus dengan air dan sebagian lain menggunakan cuka.
    Cara menggukan : Air rebusan tersebut di minum 2-3 sendok teh dan dilakukan secara teratur.
  5. Obat reumatik
    Bahan : Buah pepaya, 2 butir telur ayam kampong.
    Cara membuat : Buah pepaya di potong penampangnya kemudian telur dimasukkan dalam pepaya melalui lubang yang telah dibuat dengan memotong penampang tadi, ditutup kembali rapat-rapat dan dibakar hingga telur di dalamnya masak.
    Cara menggunakan : Telur yang sudah masak tersebut di makan pagi sore. Lakukan secara rutin sehingga sakir reumatiknya mulai berkurang atau hilang.
  6. Obat hait berlebihan
    Bahan : Buah yang masih hijau (muda).
    Cara membuat : Direbus dengan air sampai masak.
    Cara menggunakan : Dimakan dagingnya.
Nah, itulah manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita. Begitu banyak sekali manfaat dan khasiat buah pepaya, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang harus anda ketahui, ini hanya sebagian saja. Silahkan baca artikel berikut ini : 10 Manfaat DaunPepaya Sebagai Pengobat Penyakit
 
Top