Kita semua pasti mengenal avokad, buah yang dagingnya hijau lunak, dengan rasa yang lezat. Rasa avokat sulit di ungkapkan namun kira-kira mirip keju agak gurih namun menyegarkan. Buah yang satu ini memang pas untuk segala hidangan sehat sehari-hari. Bukan hanya untuk jus, campuran es atau es teller, pudding saja, namun ia juga bisa untuk campuran salad. Dimakan biasa pun cukup nikmat. Tahukah anda manfaat buah avokad?

Selain nikmat untuk dimakan, buah avokad juga bermanfaat bagi kesehatan diantaranya adalah mampu menurunkan resiko stroke dan serangan jantung. Dalam avokad terkandung lemak yang sangat tinggi, yaitu 71-88 persen dari kalori totalnya atau sekitar 20 kalori dari rata-rata buah lain. Jangan kwatir dengan lemak yang hadir didalamnya sebab lemak itu kebanyakan jenis lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan.

Prof DR Made Astawan MS, ahli teknologi pangan dan gizi dari IPB menyebutkan, setidaknya ada 14,66 gram lemak per 100 gram buah avokad. Lemak tersebut sebagian besar dalam bentuk lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids), kadarnya mencapai 9,8 gram per 100 gram. Kandungan lemak jenuhnya hanya 2,13 gram per 100 gram. Lemak tak jenuh ganda sebesar 1,82 gram per 100 gram.

Avokad mengandung asam oleat, salah satu komponen dalam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolestrol. Sebuah penelitian dilakukan terhadap mereka yang kadar kolestrol yang cukup tinggi. Setelah tujuh hari diet yang memasukkan avokad, mereka mengalami penurunan kolestrol total dan LDL secara signifikan, sementara kolestrol baik HDL naik 11 persen. Nah, itulah manfaat buah avokad dan berikut ini adalah khasiat buah avokad yang harus anda ketahui.

Khasiat Buah Avokad

Selain asam lemak tak jenuh, avokad juga menjadi sumber baik untuk potasium atau kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah. Kandungan potasium pada avokad lebih tinggi dari pada pisang berukuran sedang. Asupan potasium yang kuat dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Buah Avokad & Nutrisi Yang Terdapat Pada Buah Avokad

Nutrisi lain yang tedapat pada avokad adalah folat. Secangkir avokad setidaknya memiliki 23 persen dari kecukupan harian untuk folat, nutrisi yang penting bagi kesehatan jantung dan bagi perempuan yang merencanakan kehamilan.

Untuk menentukan antara asupan folat dan penyakit jantung, para peneliti menyertakan lebih dari 80.000 wanita selama 14 tahun dengan menggunakan kousioner diet. Dijumpai bahwah perempuan yang mengkonsumsi diet folat lebih tinggi, memiliki risiko lebih rendah 55 persen untuk mengalami sakit jantung atau penyakit jantung yang fatal.

Avokad juga menjadi sumber vitamin A, C, E, K vitamin b6, tiamin, riboflafin, niasin, serat, magnesium, dan tembaga.

Kesaktian ini diperkuat oleh kandungan betkaroten, klorofil, vitamin E, dan vitamin B-kompleks yang berlimpah dalam avokad. Pelaku vegetarian umumnya kurang optimal mendapatkan asupan lemak, karena mereka pantang daging (yang selalu kaya lemak). Avokad bisa menjadi pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan akan lemak.

Berkurangnya keasaman tubuh (darah dan jaringan) akan menekan munculnya penyakit akibat kondisi tubuh terlalu asam, seperti alergi, panik, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan. Karena kadar asam folat dan vitamin E-nya juga tinggi, kalium avokad lebih efektif dalam meredam hipertensi dan dapat membantu memperlancar aliran darah.

Zat besi dan zat tembaga yang berlipah membuat manfaat buah avokad penting dalam pembentukan sel darah merah dan pencegahan anemia gizi. Paduan antara vitamin C dan vit E, zat besi, kalium dan mangannya menjadi avokad baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dengan adanya asam folat dan vit B serta vitamin –vitamin B lainnya, avokad ideal untuk merangsang pembentukan jaringan kolagen.

Perlu anda ketahui bahwa kebiasaan menyantap avokad segar tanpa dimasak sangat menguntungkan, Karena zat gizi an senyawa fitokimiawinya menjadi tetap utuh, namun tetap harus di ingat bahwa avokad mengandung lemak yang bisa membuat berat badan tubuh kian bertambah.

Nah, itulah kandungan nutrisi, khasiat dan manfaat buah avokad yang harus anda ketahui. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk banyak orang. Amiiin...
 
Top