Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu diantaranya mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 gr per 100 gr daging buah . konsumsi 100 gr daging buah dapat memenuhi 13 pesen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia sehingga dapat di pastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaat bagi kesehatan.

Beberapa contoh senyawa fitokimia yang terkandung pada buah sirsak adalah acetaldehyde, amyl-caproate, amyloid, anninain, anomuricine, anomuricinine, anomurine, anonol, atherosperminine, beta-sitosterol, campesterol, cellobiose, citrullin, coclaurine, coreximine, dextrose, galactomannan, geranyl-caproate, muricine, muricapentocin, muricoreacin, procyanidin, stepharine, stigmasterol, tannin, xylosyl-cellulose.

Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah berbagi manfaat buah sirsak untuk terapi, antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya untuk pengibatan sembelit  (susah buang air besar).

Sari buah (jus) sirsak di dalam system pencernaan akan meningkatkan selera  makan . kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri,penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain.

Khasiat Buah Sirsak

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 gr/100 gr daging buah.

Konsumsi 100 gr daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa khasiat buah sirsak sangat banyak bagi kesehatan. Senyawa fitokomia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kessehatan, walaupun belum semuanya terbuktikan secara ilmiah.

Berbagai manfaat buah sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Manfaat Buah Sirsak Dan Daun Sirsak


Studi di purdue university membuktikan bahwa manfaat daun sirsak mampu membunuh sel kanker secara efktif, terutama sel kanker prostat, pancreas, dan paru-paru. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan manfaat buah sirsak dan daun nya sebagai berikut :
  1. Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti terjadi pada terapi kemo.
  2. Melindungi system kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
  3. Energy meningkat dan penampilan fisik membaik
  4. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, yang siantaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pancreas.
  5. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan .
  6. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara efektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.

Resep Pengobatan Tradisional Dengan Sirsak


Baik buah ataupun daun dari buah sirsak ini sangat baik untuk kesehatan, seperti yang sudah dibahas diatas, manfaat dan khasiat buah sirsak ataupun daun sirsak sangat banyak sekali. Nah berikut ini beberapa resep pengobatan tradisional dengan memanfaatkan buah ataupun daun sirsak.
  1. Pengobatan kanker
    10 lembar daun sirsak yang tua direbus degn 3 gelas air hinggia tersisa 1 gelas air, minum 2 kali sehari selama 2 minggu. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemotrafi, bahkan yang lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya menumbuhkan sesl-sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel-sel yang tumbul normal.
  2. Sakit pinggang
    20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, minum 1 kali sehari ¾ gelas.
  3. Bayi mencret
    Buah sirsak yang sudah masak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
  4. Ambeien
    Buah sirsak yang sudah masak, peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  5. Bisul
    Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terbuka bisul.
  6. Anyang-anyangen
    Bahan : sirsak setenga matang dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyaknya 2 gelas, disaring dan minuman.
  7. Sakit kandung air seni
    Bahan : Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dan dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
  8. Penyakit liver
    Puasa makanan lain,hanya minum juice sirsak selama seminggu.
  9. Eksim dan rematik
    Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan dibagian yang sakit.

Selain dari beberapa manfaat buah sirsak yang diatas, buah sirsak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan katarak. Dan didalam buah, daun sirsak terdapat zat-zat yang mampu menenangkan asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda.

Manfaat lainnya dari buah, dan daun sirsak bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan. Bagimana dengan anda? Sudahkah anda mengkonsumsi buah sirsak secara rutin atau memanfaatkan buah sirsak, atau daun nya sebagai pengobatan.
 
Top