Pisang merupakan buah yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Manfaat buah pisang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, pisang sangat dikenal sebagai makanan super bagi para altet dan pakar kesehatan. Jadi tidak heran buah pisang sangat banyak dikonsumsi oleh para atlet, karena pisang sangat baik untuk menambah stamina. Berikut ini beberapa aneka buah pisang dan manfaat buah pisang  :

Buah Pisang Raja Bulu dan Manfaatnya


Pisang raja bulu tergolong sebagai buah yang dapat digunakan sebagai buah meja dan buah olahan. Daging buahnya agak tebal, rasanya manis, aromanya kuat. Pada waktu matang warna kulitnya kuning berbintik-bintik cokelat. Warna daging putih kemerahan. Konon pisang raja bulu yang dikukus dan dimakan dengan madu dapat menguatkan jantung. Nah, jadi buah pisang raja bulu sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah Pisang Mas dan Manfaatnya


Pisang ini bentuk buahnya kecil kecil dengan panjang 8-12 cm dan diameternya -34 cm. Pisang mas bila matang berwarna kuning cerah. Kulit buahnya tipis, rasanya sangat manis, dan aromanya kuat. Konon pisang mas dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning.

Manfaat Buah Pisang Yang Lainnya


Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternative untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba mencoba membuat vaksin dari pisang untuk memproduksi antigen untuk caating virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil akan menjadi sangat murah.
 
Penelitian lain mengembangkan pisang dapat membantu dalam melawan penyakit campak/cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini, penelitian telah mencoba para relawan, dimana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari.

Pisang juga dapat meningkatkan konsentrasi, kemampuan belajar, dengan cara mengkonsumsi buah pisang saat sarapan dan makan siang, karena terpacu oleh kandungan kalsium tinggi dalam pisang. Kalsium berfungsi membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

Nah, itulah dua jenis pisang yang bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita dan juga manfaat buah pisang lainnya. Sebenarnya masih banyak lagi manfaanya, silahkan baca artikel kami yang sebelumnya, 12 manfaat buah pisang bagi kesehatan.
 
Top