Hampir semua orang pernah mengalami kerusakan memperoleh buah-buahan terbaik. Sering terjadi buah-buahan yang dipasaran telah mengalami kerusakan selama pemprosesan. Yang terpenting adalah bagaimana memilih buah-buahan serta mengerti cara merawat atau menyimpan agar buah dapat disajikan dalam kondisi segar atau terbaik.

Buah yang dipetik sebelum masak, perkembangannya belum penuh. Buah seperti ini tidak mampu mengembangkan rasa manis atau lezat dan aromanya dengan penuh. Oleh karena itu, petani yang baik akan memetik buah-buahannya pada waktu yang terbaik dan tepat untuk dimakan. Meskipun buah berasal dari satu pohon waktunya masaknya akan berbeda-beda. Petani yang baik hanya akan memetik buah yang masak dipohonnya danmembiarkanya yang belum cukup umur.

Masaknya buah di sebabkan adanya perubahan kimiawi yang sangat kompleks. Selama proses, warna, rasa, tekstur dan aromanya akan mengalami perubahan. Pisang nisalnya mula-mula berwarna kuning keemasan, lama-lama menjadi kecoklatan, kemudian layu melunak dan membusuk.

Buah- yang masih berwarna hijau karena mengandung klorofil. Pda waktu buah menjadi tua, klorofil menjadi pigmen alamiah yang berubah menjadi warna kinung, merah, atau warna lain yang sesuai dengan buahnya. Warna merupakan petunjuk tingkat kemasakan buah. Waran hijau menandakan buah masih muda pada kebanyakan buah.

Aroma buah yang segar sesuai dengan jenis buah menandakan bahwa buah benar-benar masak dan berkualitas bagus. Tapi buah yang belum begitu masak, masih jauh lebih baik dari pada buah yang terlampau masak.
 
Top