Buah Jeruk nipis dikenal sejak dahulu dan begitu juga dengan manfaatnya. Baik itu untuk kesehatan kecantikan, maupun untuk resep masakan dan masih banyak lagi manfaatnya dibidang lain. Seperti, yang diungkapkkan oleh Dr. Setiawan Dalimartha, yang merupakan aggota SP3T DKI Jakarta bahwa air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai masakan, minuman, bahan pembuat asam sitrat dan juga dapat membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor, serta campuran jamu.

Dari segi obat alami, khasiat buah jeruk nipis adalah menghilangkan sumbatan vtal energy, puluruh dahak, obat batuk, peluruh kencing dan keringat serta membantu melancarkan proses pencernaan.
Pada buah jeruk nipis sendiri mengandung minyak terbang limonene dan linalool, serta flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifiolin dan naringin.

Sedangkan kandungan pada buah jeruk nipis yang sudah masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain selain asam sitrat, kalsium fasfor, zat besi dan vitamin A, B1, C. Asat sitrat sendiri berkhasiat bisa mengatasi kekambuhan pada pasien pasca opresi batu ginjal.

Beberapa Khasiat Jeruk Nipis Dan Cara Memanfaatkannya

Berikut ini adalah beberapa tips dari Hj.Sarah Kriswanti, dan Dr,Setiawan Dalimartha dari HIPTRI (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia), dalam memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat alami dalam membantu menyembukan berbagai penyakit. Silahkan baca khasiat buah jeruk nipis berikut ini dan cara pengunaanya.

1. Ambeien
Jeruk nipis berkhasiat menyembuhkan penyakit ambeien, caranya adalah cuci bersih 10 gram akan pohon jeruk nipis, lalu direbus dengan 1 liter air selama ½ jam, disaring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

2.  Amendel
Cara pengobatan amandel mengunakan jeruk nipis adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk nipis di potong-potong dan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisah lebih kurang ¾, saring. Air tersebut digunakan untuk berkumur-kumur 3 hingga 4 kali sehari. Lalukan secara rutin.

3. Anyang-Anyangan
Khasiat buah jeruk nipis lainnya adalah  mengobati penyakit anyang-anyangan. Caranya adalah dua buah jeruk nipis bersih diperas untuk untuk diambil airnya, diberi gula secukupnya dan segelas air panas. Aduk dan diminum sekaligus sekali sehari.

4. Batuk
Ambil air perasan 1 buah jeruk nipis, dicmpurkan dengan 1 sendok makan madu  dan garam, aduk hingga rata. Saringannya diminum 2-3 kali sehari hingga batuknya sembuh.

5. Batuk Disertai Influenza
Cara pengobatan : Ambil 1 buah jeruk nipis masak yang banyak mengandung air dan dipotong lalu diperas, tambahkan air panas, tambahkan air kapur sirih ½ sdt dan aduk rata. Minumlah sehari 2 sendok makan.

6. Bau Badan
Sebagai bisa mengobati berbagai penyakit, buah jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau badan. Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis besar menjadi dua bagian, olesi bagaian irisan jeruk nipis dengan kapur sirih tipis-tips saja. Selanjutnya olesi irisan jeruk nipis tersebut pada bagain bau badan, sperti ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit, bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin pagi dan sore hingga anda merasa puas.

7. Batu Ginjal
Nah, bagi anda yang bermasalah dengan ginjal juga bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat alternative, seperti batu ginjal. Caranya adalah dua buah perasan air jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan setiap hari selama 10 hari.

8. Difteri
Kahsiat buah jeruk nipis juga bisa mengobati penyakit difteri. Caranya adalah dua buah jeruk nipis diperas airnya + madu secukupnya dan tambahkan dengan 1 gelas air panas. Digunakan untuk berkumur-kumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam & Flu
Bagi anda atau anak anda yang mengalami deman atau flu juga bisa memanfaatkan buah jeruk nipis sebagai pengobatan. Caranya adalah dengan meyaipkan satu buah jeruk nipis diperas, tambahkan 3 siung bawang merah yang sudah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Lalu oleskan pada kening penderita.

Atau anda juga bisa mengunakan cara ke dua, yaitu dengan mengambil perasan iar jeruk nipis yang sudah dipanggang dan tambahkan 1 sdm madu, lalu diminum.

Demikianlah khasiat buah jeruk nipis yang bisa anda gunakan sebagai pengobatan. Selain untuk kesehatan tubuh, jeruk nipis juga bermanfaat sebagai kecantikan kulit, diet dan masih banyak lagi yang lainnya.


 
Top