Hampir seluruh buah-buahan memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Sama halnya dengan khasiat buah jeruk nipis. Buah-buahan sitrus yang lebih dikenal dengan jaruk ini sangat dikenal dengan kandungan Vitamin C-nya, sehingga membuat buah jeruk nipis ini lebih terasa asam. Buah jeruk terbilang istimewa karena bisa ikut andil dalam memelihara kesehatan dan keremajaan kulit. Meskipun jeruk memiliki banyak varian, namun pada dasarnya buah jeruk memiliki khasait yang hampir sama.

Khasiat Buah Jeruk Nipis Memelihara Kesehatan Dan Keremajaan Kulit

1. Merawat Kulit

Jeruk merupakan superfood bagi kesehatan kulit. Sejumlah studi menemukan, property penyembuh pada jeruk yang disebut fitonutrien yang berfungsi antioksidan yang meliputi flavonoid, anosianim, folifenol, dan vitamin C. Nutrisi inilah yang membantu melindungi kita dari gangguan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Jika radikal bebas merusak sel-sel tubuh, maka akan muncul penuan dini.

2. Pendukung Tulang

Untuk mendapatkan kalsium dan vitamin D dengan optimal, sangat diperlukan asupan vitamin C yang cukup, sedangkan vitamin C banyak terkandung dalam jeruk. Namun, ingat bahwa kadar asam asetat dari buah jeruk dapat mengikis email gigi anda. Karena itu, jangan langsung menyikat gigi setelah minum yang mengdaung buah jeruk, sebaiknya tunggu sampai satu jam.

3. Pelindung Jantung

Kulit jeruk mengandung komponen penting seperti polymethosxylated flavones (pmfs) dan d-limonene yang bermanfaat untuk menurunkan kolestrol, menjaga keseimbangan gula darah dan mengaktifkan detoksifikasi pada lever. Komponen ini juga berdasarkan studi, bahwa terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) tanpa menganggu kolestrol baik (HDL). Dengan khasiat buah jeruk itu, kesehatan jantung dapat dijaga dengan baik.

4. Penguat Pencernaan

Dalam masakan cina, kulit jeruk sering di sajikan bersamaan daging merah. Ini karena kulit jeruk dapat membantu mencerna makanan berlemak. Karena itu, sering dianjurkan untuk memulai hari dengan segelas air lemon, guna menjaga pencernaan. Air lemon yang asam akan membantu membersihkan dan memyapu sampah makanan yang tertinggal dalam pencernaan. Selain itu minum air lemon atau buah jeruk pada umumnya bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Memelihara Mata

Seiring pertumbuhan usia, risiko terkena katarak akan meningkat akibat ulah radikal bebas. Antioksidan dalam buah jeruk bisa menagkal kerusakan tersebut, sehingga retina terpilihara. Studi menyatakan kombinasai vitamin E dan C mampu mencegah katarak sekalipun pada kelompok berisiko tinggi.

6. Memperbaiki Mood

Jeruk juga kaya akan asam folat yang berperan dalam pembentukan serotonin zat kimia dalam otak yang berkaitan dengan perasaan bahagia. Aromo buah jeruk pun dapat memperbaiki suasana hati (mood). Penelitian menunjukkan aroma pada buah jeruk nipis, lemon, jeruk keprok dan grapefruit dapat menigkatkan mood dan energy. Kandungan minyak esensial pada buah jeruk bisa dioleskan di pelipis dan bagian belakang leher untuk  menigkatkan kewaspadaan.

Nah, itula 6 khasiat buah jeruk yang sering kali tidak diketahui banyak orang. Hendakya tetap konsumsi buah jeruk secara rutin, apapun itu jenis jeruknya. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat buah jeruk lainnya yang anda ketuhui, seperti khasiat buah jeruk nipis secara menyeluruh. Ok, pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang khasiat buah jeruk nipis, silahkan dibaca.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top