Manfaat buah, kalau kita berbicara manfaat buah, hampir semua orang tahu akan manfaat buah, namun tidak begitu mengetahui manfaat buah-buahan secara detil. Mengkonsumsi buah-buahan sangat penting untuk mendapatkan tingkat kesehatan tubuh yang optimal.

Buah merupakan sumber dietary fiber yang baik untuk tubuh. Kandungan dietary fiber pada buah berkisar antara 0,5-5 gram dalam 100 gram berat buah. Buah-buahan perlu dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita tetap sehat karena di dalamnya tidak hanya mengandung serat, namun juga banyak mengandung zat gizi yang penting bagi kesehatan tubuh seperti berbagai macam vitamin dan mineral.

Khasiat & Manfaat Buah

Beberapa buah-buahan juga memiliki manfaat yang dasyat bagi kesehatan tubuh yaitu mampu menurunkan kolestrol, kadar gula, mencegah penyebaran sel kanker, penyembuhan luka lambung, sebagi antibiotik, mengurangkan serangan rematik, mencegah karies gigi, mencegah diare, menyembuhkan sakit kepala, dan lain sebagainya.

Karoten dan vitamin C yang terdapat pada buah berperan penting sebagai antioksidan untuk mengatasi serangan radikal bebas yang menyababkan terjadinya kanker. Buah juga mengadung serat pangan yang tinggi untuk mencegah sembelit, diabetes meletus, kanker kolon, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Buah juga merupakan sumber serat dan zat gizi yang sangat peting bagi kesehatan kita. Sebagai bahan pangan, buah memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan bahan pangan lainnya dalam beberapa hal :

1. Setiap buah memiliki rasa yang segar dan aroma yang spesifik.
2. Seperti halnya sayur, umumnya buah memiliki kadar air yang tinggi tetapi rendah dalam energi, lemak, dan karbohidrat. komposisi zat tersebut menyebabkan buah cocok sebagai tanaman penurun berat badan.
3. Buah merupakan sumber zat gizi dan nongizi yang keduanya berperan peting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebagai sumber zat gizi, buah berperan dalam mengatur pertumbuhan, pemeliharaan, dan penggantian sel-sel tubuh manusia.

Belakangan, peran zat-zat nongizi pada buah menjadi semakin peting dalam pengobatan dan pencegah berbagai jenis penyakit. Di dalam buah terdapat zat makanan yang mengandung gizi (nongizi).Keduanya sangat penting untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh.

Zat Yang Terkandung Didalam Buah-Buahan


Dengan begitu banyak manfaat buah-buahan bagi kesehatan tubuh, maka tidak heran buah-buahan banyak dijadikan sebagai obat-obatan, baik dimakan lansung atupun diolah menjadi obat. Berikut ini beberapa zat yang terkandung didalam buah-buahan yang dibagi menjadi dua yaitu zat makanan bergizi dan zat makanan Nongizi.

Nah, itulah manfaat dan khasiat buah-buahan bagi tubuh. Begitu banyak manfaat buah bagi kesehatan tubuh manusia, ajaib bukan? Bagaimana dengan anda, sudahkah mengkonsumsi buah setiap hari?

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
 
Top